DD Hingga Rp 1,2 M/Desa

DD Hingga Rp 1,2 M/Desa

\"uang_ilang\"KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Kabar gembira bagi para Kepala Desa di Bengkulu Selatan (BS). Pasalnya besaran alokasi dana desa (ADD) dan dana desa (DD) tahun 2017 lebih besar dari tahun 2016. Jika tahun 2016 hanya kisaran Rp 900 Juta dan paling besar Rp 1 Miliar per desa. Namun tahun 2017 diperkirakan setiap desa minimal menerima ADD dan DD Rp 1 Miliar dan maksimal Rp 1,2 Miliar.

“ Besaran ADD dan DD yang diterima masing-masing desa di Bengkulu Selatan naik dari tahun 2016, bahkan nanti ada desa yang menerima ADD dan DD sebesar Rp 1,2 M,” kata kepala DPPKAD BS, H Sepuan Yunir diamini Kabid Penganggaran, Decky Zulkarnaen SSos.

Menurut Sepuan, pada RAPBD 2017 direncanakan besaran ADD dan DD untuk 142 desa se BS Rp 170 M dengan rincian ADD sebesar Rp 60 M dan DD sebesar Rp 110 M.  Hanya saja, untuk kepastian besaran ADD dan DD yang diterima masing-masing desa akan ditetapkan berdasarkan peraturan bupati (perbup). Sehingga besaran DD dan ADD yang diterima desa akan berpatokan pada luas wilayah dan jumlah penduduknya. Sehingga desa yang wilayahnya paling luas serta penduduknya paling banyak akan mendapatkan alokasi ADD dan DD terbesar. “Penentuan besaran ADD dan DD berdasarkan luas wilayah dan jumlah penduduk masing-masing desa,” ujarnya.

Dijelaskan Sepuan,  peruntukan DD diarahkan pada  peningkatan infrastruktur fisik dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Sedangkan ADD untuk kegiatan rutin administrasi pemerintahan desa, pembayaran honorarium dan penghasilan perangkat desa. Dengan besarnya ADD dan DD yang akan diterima masing-masing desa di BS, dirinya mengimbau agar dapat digunakan sesuai petunjuk pelaksana dan petunjuk teknis (juklak Juknis). Sehingga mampu menunjang peningkatan perekonomian masyarakat desa. “Harapan kita dengan besarnya ADD dan DD yang diterima desa, ke depan masyarakat desa semakin sejahtera,” harap Sepuan. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: